Bandara Tersibuk Di Dunia Tahun 2016 Adalah…

KOMPAS.com – Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport di Atlanta, Amerika Serikat, dinobatkan sebagai bandara tersibuk di dunia pada 2016. Dari data Airports Council International (ACI) tercatat lebih dari 104 juta penumpang terbang melalui Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport.

Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport mendapatkan predikat sebagai bandara tersibuk selama 19 tahun berturut-turut. Terdapat 2,6 persen kenaikan pengunjung sepanjang tahun 2016 di bandara tersebut.

BACA: Silangit Berbenah Menjadi Bandara Internasional

Atlanta sendiri merupakan titik masuk ke Amerika Utara. Bandara tersebut juga menjadi hub bagi banyak penerbangan domestik di Amerika Serikat.

Jumlah penumpang yang terbang melalui Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport termasuk perjalanan domestik dan internasional akan dimasukkan dalam laporan awal (ACI). Laporan akhir ACI akan diterbitkan bulan April mendatang.

“Kami sangat gembira mendapatkan status bandara tersibuk di dunia selama 19 tahun berturut-turut,” kata General Manager Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport, Roosevelt Council seperti dikutip dari CNN Travel, Selasa (14/3/2017).

BACA JUGA: Bandara I Gusti Ngurah Rai Raih The 3rd World Best Airport

Beijing Capital International Airport di Beijing, China, berada di posisi kedua bandara tersibuk di dunia. Selama 2016 tercatat lebih dari 94 juta penumpang mengunjungi bandara tersebut, naik 5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dubai International Airport di Dubai, Uni Emirat Arab, berada di posisi ketiga. Tahun 2016 terdapat 83 juta penumpang mengunjungi bandara tersebut, naik 7 persen dibandingkan tahun lalu.

BACA JUGA: Simak, Peraturan Baru Bagasi di Bandara Internasional Dubai

Sementara itu, Los Angeles International Airport naik dari posisi ketujuh menjadi keempat. Dengan pertumbuhan 8 persen, jumlah penumpang dari bandara itu mencapai 81 juta orang.

Bandara lain di negara China yang masuk 10 besar adalah Shanghai Pudong, di posisi kesembilan. Tercatat sebanyak 66 juta penumpang mengunjungi bandara tersebut, naik 10 persen lebih dibandingkan tahun 2015.

Bandara Internasional Dallas/Fort Worth berada di posisi ke-11 dengan lebih dari 65 juta penumpang pada tahun 2016. Data awal ACI ini disusun berdasarkan data dari 1.200 bandara di seluruh dunia.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/14/130400127/bandara.tersibuk.di.dunia.tahun.2016.adalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *