Cara Menuju Laos Dari Thailand Lewat Jalur Darat

NONG KHAI, KOMPAS.com – Punya waktu liburan yang panjang dan ingin backpacker ke negara-negara ASEAN? Bukan hal mustahil.

Negara ASEAN di wilayah Indochina seperti Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Myanmar adalah daftar negara yang dapat ditempuh dengan jalur darat atau penerbangan singkat. 

KompasTravel dalam perjalanan AEC Media Fam Trip Thailand Connect, Minggu (5/2/2017) menjelajah ibu kota Laos, Vientiane dengan cara pulang pergi dari Thailand dalam waktu satu hari lewat perjalanan darat.

Sebenarnya cara ini adalah cara biasa bagi penduduk Vientiane untuk beriwisata atau berbisnis ke Thailand. 

Untuk menuju Laos lewat jalur darat cara termudah adalah lewat provinsi Nong Khai, di sana terdapat imigrasi yang berbatasan langsung dengan Laos.

(BACA: Lima Pantangan Saat Berkunjung ke Ibu Kota Laos)

Cara menuju Nong Khai jika diumpamakan dari ibu kota Thailand, Bangkok dapat ditempuh dengan menumpang bus, kereta, atau pesawat.

Kereta menuju Nong Khai dari Bangkok berangkat dari Stasiun Hua Lamphong. Dengan waktu tempuh kurang lebih 10 jam. Harga tiket berkisar 22 dollar AS atau setara dengan Rp 286.000.

Alternatif lain adalah bus yang berangkat dari terminal Mo Chit, Bangkok. Waktu tempuhnya sama seperti kereta, tiket dihargai lebih murah yakni 15 dollar AS atau setara Rp 195.000. 

Sedangkan untuk pesawat, dapat menggunakan penerbangan dari Bandara Suvarnabhumi di Bangkok menuju Bandara Internasional Udon Thani. Waktu tempuh sekitar 50 menit dengan harga tiket berkisar 30 dollar AS atau setara Rp 390.000.

Dari Udon Thani menuju Nong Khai dengan kendaraan travel minivan atau bus dengan tarif 50 Baht atau setara Rp 20.000 dengan jarak tempuh satu jam. 

Wilayah Udon Thani dan Nong Khai memiliki wisata yang menarik untuk dijelajahi sebelum melanjutkan perjalanan ke Laos.

Namun apabila ingin langsung melanjutkan perjalanan, maka pergilah ke imigrasi yang berada di Nong Khai, tepatnya di 107 Moo.7, Amphoe Mueang, Changwat.

Hanya 10 menit berkendara dari pusat kota Nong Khai. Uniknya di perbatasan menuju imigrasi, Anda harus berganti kendaraan dengan plat nomor Laos.

Kompas.com/Silvita Agmasari Stasiun bus dari Nong Khai, Thailand menuju Vientiane, Laos.

Berganti kendaraan dapat dilakukan di terminal bus dekat imigrasi dengan biaya 20 Baht untuk bus atau setara Rp 8.000 atau kalau mau lebih nyaman menggunakan minivan dengan harga 250 Baht atau setara Rp 100.000.

Di imigrasi perbatasan antara Thailand dan Laos paspor Anda akan diperiksa oleh petugas imigrasi.

Untuk penduduk negara ASEAN tak memerlukan visa, namun dikenakan biaya custom fee point seharga 55 Baht atau 12.000 Kip setara dengan Rp 22.000 per orang. Di wilayah perbatasan Baht dan Kip sama-sama dapat digunakan. 

Bus atau minivan dengan pelat nomor Laos masih tetap menunggu Anda dan dari imigrasi akan mengantar Anda ke kota Vientiane, Laos dengan jarak tempuh 30 menit. 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/18/123800427/cara.menuju.laos.dari.thailand.lewat.jalur.darat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *