Fenomena Munculnya Bola Api Dari Sungai Mekong

NONG KHAI, KOMPAS.com — Satu tahun sekali, tepatnya akhir September atau awal Oktober, penduduk daerah Nong Khai di Thailand akan berkumpul di tepi Sungai Mekong.

Mereka menunggu fenomena istimewa, yakni bola api yang muncul dari Sungai Mekong, terbang ke udara dan lenyap begitu saja. Dalam bahasa Thailand, fenomena ini disebut “Bang Fai Phaya Nak“.

“Ini betul terjadi, bukan mitos. Coba saja lihat di YouTube, ketik ‘naga fireball‘ nanti keluar videonya,” kata Marketing Manager Tourism Authority of Thailand (TAT), Indra Nugraha, Jumat (3/2/2017).

Tom, pemandu tur lokal untuk acara AEC Media Fam Trip Thailand Connect, membenarkan perkataan Indra.

“Kalau orang sini percaya bola api itu berasal dari naga di dunia lain, dunia dalam air. Bola api tersebut dipercaya adalah pemberian naga kepada Buddha,” katanya. 

Baca Juga: Thailand Punya Restoran Romantis ala Kastil Eropa

Banyak orang yang tak percaya dan menganggap fenomena ini sebagai hal yang tak masuk akal. Beberapa dari mereka mencoba membuktikan sendiri dengan melakukan penelitian langsung, sampai menyelam ke dasar Sungai Mekong.

“Ada peneliti dari Jepang kerja sama dengan universitas di sini, menyelam ke Sungai Mekong. Hasilnya mereka tak menemukan apa pun. Penelitian lain juga tak ada yang bisa membuktikan fenomena ini,” kata Indra.

Malah, kata Tom, cerita bola api yang berasal dari naga lebih dipercaya oleh penduduk Nong Khai. Sampai ada yang mengatakan pernah melihat jejak kaki naga di tanah, dekat wihara sebelum munculnya bola api. Ia sendiri mengatakan dipikir-pikir fenomena ini mustahil, mengingat api muncul dari dalam air, tetapi itulah yang ia lihat sendiri.

“Kalau mau lihat bola api naga itu hanya setahun sekali, tepatnya sebelum bulan purnama di bulan September atau Oktober. Itu juga saat hari puasa umat Buddha,” kata Tom. 

Baca Juga: Cantiknya! Ini Dia Taman Bunga Terbesar di Thailand

Titik paling jelas untuk menyaksikan fenomena ini berada di distrik Phon Pisai. Saat terjadi fenomena tersebut, bola api yang mencuat ke udara dari Sungai Mekong bisa mencapai 200 bola api. Di titik lain, jumlahnya lebih sedikit daripada di Phon Pisai.

Tertarik untuk menyaksikan fenomena ini? Indra menyarankan untuk memesan penginapan di sekitar Sungai Mekong dan memberi waktu perkiraan tiga sampai empat hari karena waktu fenomena yang tak pasti. 

Untuk mencapai Nong Khai, Anda bisa menggunakan jasa maskapai penerbangan selama 50 menit dari Bangkok ke Udon Thani, kemudian naik bus selama satu jam dari Udon Thani ke Nong Khai.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/05/170500027/fenomena.munculnya.bola.api.dari.sungai.mekong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *