Ingin Dilukis Sketsa Wajah? Silakan Ke Bekasi Expo

Bekasi, KOMPAS.com – Ada yang menarik perhatian di Bekasi Expo 2017 yaitu stan lukis sketsa wajah oleh Komunitas Pelukis dan Pekerja Seni TMII (KOPPI) Desa Seni Taman Mini.

Para seniman dengan sigapnya melukis sketsa wajah di atas media kertas ukuran A-4.

Seperti yang disampaikan Margo, salah satu anggota KOPPI, bahwa komunitasnya yang saat ini masih aktif sekitar 15-20 orang.

Tapi untuk acara di Bekasi Expo 2017 hanya 7 orang pelukis yang secara bergantian bertugas dengan pembagian tugas setiap hari ada 3 pelukis.

“Untuk di acara ini tujuh orang saya, bertugas secara bergantian. Setiap hari tiga pelukis saja selama Bekasi Expo,” kata Margo, di Bekasi, Sabtu (11/3/2017).

(BACA: Tips Membeli Lukisan di Bali)

Margo menjelaskan bahwa partisipasi KOPPI di acara Bekasi Expo karena sebagian besar para pelukis di komunitas ini bertempat tinggal di Bekasi.

Sebagai warga Bekasi, lanjut Margo, mereka turut ambil bagian di acara Bekasi Expo untuk memajukan daerah sendiri melalui ajang kreativitas seni lukis.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Pelukis sedang mengerjakan sketsa wajah di Bekasi Expo 2017, Sabtu (11/3/2017). Bekasi expo berlangsung 11-19 Maret 2017.

“Untuk memperingati HUT Bekasi, kami anak-anak bangsa asal Bekasi ikut melibatkan diri dan memperkenalkan komunitas kami yang setiap hari aktif di TMII,” ujar Margo.

Sementara para pelukis mengaku lebih enak dan gampang melukis langsung dengan modelnya daripada melukis dengan melihat foto modelnya.

Hal ini dikatakan salah satu pelukis sketsa wajah bernama Candra. “Enakan langsung, dimensi kelihatan. Kalau melukis lihat foto kan flat, lebih sulit,” kata Candra.

Ia mengaku menekuni lukis sketsa wajah sejak remaja yang diakui sebagai hobi. Apalagi hobinya ini mampu menghasilkan uang dengan banyaknya pesanan untuk dibuatkan lukisan sketsa wajah.

“Banyak sih yang pesan. Tapi lebih banyak kirim foto. Mungkin mereka malas datang. Jadi fotonya dikirim melalui WA (Whatsapp),” tambah Candra.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Pelukis sedang mengerjakan sketsa wajah di Bekasi Expo 2017, Sabtu (11/3/2017). Bekasi Expo berlangsung 11-19 Maret 2017.

Pada Bekasi Expo hari pertama, Candra mampu mengerjakan sekitar 5 lukisan sketsa wajah yang dikerjakan selama sekitar 30 menit untuk satu lukisan sesuai tingkat kesulitannya.

Satu lukisan dihargai Rp 50.000. Jika di luar acara expo, akan lebih mahal lagi. Mereka akan ada di Bekasi Expo sampai akhir acara ini berakhir. Bekasi Expo berlangsung 11-19 Maret 2017.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/12/182200327/ingin.dilukis.sketsa.wajah.silakan.ke.bekasi.expo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *