Ini Alasan Kenapa Diberi Nama Ayam Bagong

Yogyakarta, KOMPAS.com – Salah satu destinasi kuliner yang patut anda kunjungi di daerah Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta adalah warung makan Omahku.

Omahku merupakan tempat kuliner dengan konsep bangunan jawa, limasan jawa dan pernak pernik yang menarik, seperti caping yang dilukis, piring-piringan yang dilukis hingga kendi-kendi lawas yang menambah suasana khas Jawa di warung makan tersebut.

Omahku didirikan pada 30 Agustus 2016. Menurut Erwan, pemilik warung, konsep Omahku bertujuan agar pengunjung dapat menikmati dan merasakan suasana seperti di rumah sendiri.

“Ketika pengunjung makan di Omahku mereka bisa merasakan menu khas rumahan yang dihidangkan. Kalau orang makan, bahkan sampai luar negri sekalipun mereka akan tetap lebih nyaman ketika makan di rumah sendiri,” ujar Erwan.

(BACA: Soto Kulit Ayam Pak Mul, Bisa Bikin Pelanggan Ketagihan)

Dengan suasana seperti rumah sendiri, lantunan instrumen-instrumen Jawa dan menu-menu makanan dan minuman yang dihidangkan, akan mengingatkan kembali ingatan para pengunjung akan nostalgia, sehingga mereka akan tetap merasakan seperti makan di rumah sendiri.

“Kalau menikmati teh tubruk dengan gula batu serta kemasan cangkir besi seperti ini, masih lekat dalam ingatan saya suasananya seperti di rumah mbah saya,” kata Rf Thony, salah seorang pengunjung di Omahku.

TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKA Pengunjung menikmati hidangan di warung makan Omahku, Jalan Kaliurang Km 19.4 Banjarsari, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Warung makan yang terletak Jalan Kaliurang Km 19.4 Banjarsari, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman itu mempunyai menu andalan yaitu Ayam Bagong.

Menurut cerita Erwan, diberi nama Ayam Bagong karena porsinya yang banyak dan potongan ayam yang besar.

Ayam Bagong merupakan menu berupa potongan ayam kampung dengan porsi jumbo.

Tidak seperti ayam goreng pada umumnya, potongan ayam kampung bagian paha atas dan dada yang besar, membuat pengunjung merasakan kepuasan makan hingga kenyang.

Olahan rempah-rempah rahasia dan campuran bawang putih serta jahe yang direndam bersama daging ayam kampung lalu digoreng menghasilkan rasa yang lezat.

Tekstur daging ayam kampung yang lembut dibalut dengan kulit ayam yang renyah menjadikan Ayam Bagong sangat nikmat disantap dan cocok disajikan bersama sambal bawang dan nasi hangat.

Menu lain yang tidak kalah lezatnya yaitu Sop Merapi.

TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKA Tempat kuliner Omahku di Jalan Kaliurang Km 19.4 Banjarsari, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Olahan sop dengan santan kental dan daging sapi menjadi pilihan alternatif kesegaran menu masakan berkuah, sambil menikmati suasana tenang di warung makan tersebut.

Omahku juga menyediakan berbagai menu minuman yang menghangatkan badan, diantaranya teh Tubruk dan teh Poci gula batu.

Aroma teh yang sangat harum dan manisnya gula batu alami, sangat pas untuk teman berbincang di dinginnya udara di sekitar warung tersebut.

Menu pendamping seperti mendoan berukuran jumbo juga bisa menjadi pendamping yang pas untuk bercengkerama dengan kerabat atau keluarga.

Satu porsi Ayam Bagong diberi harga Rp 23.000 sedangkan Sop Merapi Rp 15.000.

Suasana warung makan Omahku yang bersih dan nyaman, serta akses wifi gratis, membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di warung makan tersebut.

“Sering di sini untuk rapat atau hanya untuk nongkrong dan ngobrol orang-orang, apalagi di sini ada wifi yang bisa diakses, jadi para pengunjung bisa betah untuk berada disini seharian,” tambah Erwan.

TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKA Omahku di Pakem, Kabupaten Slemen, DI Yogyakarta, merupakan tempat kuliner dengan konsep bangunan jawa dan limasan jawa.

Omahku sendiri buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00.

Jika hari libur atau weekend warung tersebut bisa buka sampai pukul 24.00. Pesanan berupa nasi boks dan katering juga siap dilayani di warung tersebut. (Tribun Jogja/Gilang Satmaka)

******

KompasTravel menghimpun 48 destinasi di seluruh Indonesia yang cocok dengan preferensi traveling Anda. Mulai dari indahnya wilayah barat Indonesia yakni Provinsi Aceh, hingga eksotisme kawasan timur Nusantara yakni Raja Ampat dan Papua.

Inilah Visual Interaktif Kompas (VIK) Vakansi Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/

VIK Vakansi Indonesia adalah panduan lengkap untuk destinasi traveling Anda selanjutnya. KompasTravel juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan, mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/03/105535227/ini.alasan.kenapa.diberi.nama.ayam.bagong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *