Ini Dia, Bakso Selimut Kabut Dan Iga Sapi Si Pemuas Lidah

BENGKULU, KOMPAS.com – Bakso merupakan kuliner Nusantara yang cukup populer dan favorit rakyat Indonesia. Kreativitas pembuatan bakso semakin beragam.

Di Provinsi Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kecamatan Padang Jaya, Desa Giri Mulya terdapat Warung Bakso Mbak Tanti. Warung bakso ini cukup sederhana namun peminatnya sungguh banyak.

Dalam satu jam KompasTravel duduk di warung tersebut tidak kurang 20 pembeli datang secara bergantian.

(BACA: Siap-siap Kena Bogem di Kedai Bakso Mas Tre! Dijamin Kenyang)

Terdapat beberapa aneka jenis bakso yang menjadi andalan Mbak Tanti, pemilik warung bakso tersebut. Yakni bakso berisi iga sapi dan selimut kabut.

“Jenis bakso ini sengaja kami buat dari hasil uji coba, dengan racikan bumbu pilihan dijamin nikmat,” kata Mbak Tanti.

Kami memesan dua jenis bakso yakni Bakso Selimut Kabut dan Iga Sapi. Bakso tersebut berukuran besar hampir memenuhi ukuran mangkuk bakso. Bakso Selimut kabut, layaknya bakso berukuran besar bulat, namun kulit bagian luar bakso tersebut dibaluri oleh telur.

Aroma kuah dan bakso keluar dari mangkuk yang terlihat kecil tersebut semakin menambah selera untuk segera menyantap kenikmatan yang unik tersebut.

“Warnanya kuning, pada bagian kulit luar, saat dibuka, maka kelihatan bakso yang berisi daging sapi, luar biasa,” ungkap Iswadi salah seorang pengunjung.

(BACA: Bakso Sapi Sudah Biasa, Coba Cicipi Bakso Domba)

Sementara itu bakso iga sapi, yakni bakso berukuran bulat panjang pada bagian dalamnya terdapat iga sapi yang masih terdapat daging, sungguh nikmat dan gurih sangat memuaskan lidah dan selera.

Terdapat beragam jenis bakso di Warung Mbak Tanti yakni bakso beranak, bakso isi telur ayam dan lain-lain. Selain rasa bakso yang lezat keunggulan bakso ini terletak pada kuahnya.

“Kuah baksonya begitu lezat, ini menjadi kelebihan tersendiri selain pentol bakso yang besar dan unik,” ujar Iswadi.

Warung mbak Tanti juga menyediakan minuman penggugah selera seperti es campur dan beragam jus lainnya. Bisnis bakso telah digeluti Tanti sejak 5 tahun terakhir.

Dalam waktu dekat ia akan mengembangkan usahanya merambah ke Kota Bengkulu. “Banyak yang mau membuka cabang menggunakan resep kami, tapi kami belum bersedia. Kami berencana akan membuka cabang lagi di Kota Bengkulu,” kata Tanti.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/04/03/051000627/ini.dia.bakso.selimut.kabut.dan.iga.sapi.si.pemuas.lidah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *