Kedung Kandang, Air Terjun Tersembunyi Di Gunungkidul

KOMPAS.com – Kedung Kandang, begitu nama sungai sekaligus air terjun yang terletak di Gunung Botak, Nglanggeran, Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Air sungai mengalir, menuruni gundukan bebatuan besar sehingga menghasilkan deretan air terjun kecil yang menawan. Menurut warga sekitar, air terjun itu akan deras aliran airnya jika turun hujan pada malam sebelumnya.

“Air-air terjun di Kedung Kandang ini airnya mengalir deras dan tampak tambah indah kalau malam harinya turun hujan,” ujar Parti, seorang petani yang sedang menanam padi di sekitar Kedung Kandang. 

Di sekitar Kedung Kandang, terdapat pesawahan lengkap dengan terasering yang indah. Jalanan terjal berbatu yang cukup ekstrem harus dilalui jika pengunjung ingin melihat air terjun tersembunyi ini. Anda harus berjalan kaki sekitar satu kilometer dari parkiran motor. 

BACA: Air Terjun Gedad, Destinasi Wisata Alam Terbaru di Gunungkidul

Selain menikmati langsung airnya yang segar, pengunjung bisa menikmati Kedung Kandang dari sebuah jembatan bambu buatan.  Jika merasa letih di tengah jalan, Anda bisa berhenti sejenak sambil melepas lelah di beberapa gazebo yang tersedia.

Heru Purwanto selaku pihak pemasaran kelompok Sadar Wisata Nglanggeran menyebutkan bahwa air terjun di Kedung Kandang tersebut baru benar-benar diperhatikan saat musim hujan tahun 2015. 

“Setelah itu kami mendokumentasikan air terjun yang muncul indah tersebut, dan kami publikasikan melalui media sosial,” tambah Heru.

BACA: Diburu Wisatawan, Air Terjun Banyunibo di Gunungkidul

Ia juga menambahkan bahwa dulu pengunjung dikenakan biaya seikhlasnya. Namun tarif tersebut kini sudah ditentukan alias dipatok.

“Saat ini, untuk masuk ke Kedung Kandang dikenakan biaya sebesar Rp 7000 per orang. Hasil biaya tersebut digunakan untuk biaya promosi dan penambahan-penambahan fasilitas yang masih kurang,” ujar Heru. 

Pengelola desa wisata Nglanggeran juga masih menggunakan dana kasnya untuk terus menunjang fasilitas-fasilitas di Kedung Kandang. Heru juga menambahkan bahwa pihak pengelola Desa Wisata Nglanggeran masih menunggu hasil pengajuan proposal ke pemerintah.

BACA: Belalang Goreng ala Gunungkidul, Gurihnya Mirip Udang Goreng…

Untuk menuju lokasi Kedung Kandang, pengunjung bisa bertolak ke arah timur dari pegunungan Nglanggeran sejauh 2,5 kilometer hingga ada sebuah jalan yang menurun di sebuah jembatan. Beloklah ke kanan. Papan penunjuk ke Kedung Kandang sudah terlihat di kawasan tersebut.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/22/140500627/kedung.kandang.air.terjun.tersembunyi.di.gunungkidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *