Meski Hujan, Cap Go Meh Di Bogor Berlangsung Meriah

Bogor, KOMPAS.com – Festival Budaya Cap Go Meh (CGM) 2017 berlangsung meriah, meski hujan terus membasuh langit Kota Bogor, Jawa Barat, hingga jelang petang, Sabtu (11/2/2017).

Pembukaan Cap Go Meh 2017 yang mengangkat tema “Ajang Budaya Pemersatu Bangsa” ini diawali dengan doa dan harapan dari lintas agama.

(BACA: Malam Cap Go Meh di Lasem Penuh Atraksi Kesenian)

Sebagai puncaknya, turut hadir Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang secara simbolis membuka Festival Budaya Cap Go Meh, tepat pukul 17.00 WIB.

KOMPAS.com/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Festival Cap Go Meh (CGM) 2017 di Bogor berlangsung meriah meski diguyur hujan, Sabtu (11/2/2017).

Dalam sambutannya, Menag mengatakan, dirinya sangat mengapresisasi acara tersebut. Menurutnya, Cap Go Meh sebagai bentuk pemersatu bangsa dan mempererat silaturahim antar-pemeluk agama.

“Pendiri bangsa kita telah menemukan formulasi yang indah antara agama dan negara. Festival Cap Go Meh ini salah satu bentuk pemersatu umat dan agama,” ucap Lukman.

(BACA: Lontong Cap Go Meh di Bogor Ini Digemari Lintas Generasi)

Menag melanjutkan, eksistensi agama berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sangat dihargai.

Meski agama bukan dijadikan landasan negara, menurut Menag, namun negara menjamin orang untuk memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing.

KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Peserta Cap Go Meh (CGM) Bogor Street Festival 2017 melintas di Jalan Suryakencana, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/2/2017). Festival budaya untuk memperingati perayaan Cap Go Meh, hari ke-15 setelah perayaan Imlek.

“Kebebasan beragama perlu dilandasi dan dilaksanakan secara bertanggung jawab sehingga tidak mengancam orang lain dan dapat menciptakan kerukunan beragama,” tuturnya.

Cap Go Meh 2017 Bogor ini juga diramaikan sejumlah atraksi seni dan budaya seperti Sunda Sisingaan, kesenian Sunda Calung, Rampak Tambur, Barongsai, dan Liong.

Panjang rombongan ini biasanya mencapai satu kilometer diikuti oleh ribuan peserta. 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/11/223220927/meski.hujan.cap.go.meh.di.bogor.berlangsung.meriah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *