Sang “Arjuna” Manjakan Wisatawan Belanja Oleh-oleh Khas Bali

GIANYAR, KOMPAS.com – Dengan mengusung filosopi Arjuna, tokoh yang ada dalam kisah Mahabarata, sosok yang mencerminkan jiwa petarung menjadikan Arjuna Gagapan Bali turut serta bertarung di kancah globalisasi mendirikan toko oleh-oleh.

Melalui berbagai hasil kerajinan yang diambil dari perajin langsung, menjadikan Arjuna Gagapan Bali sebagai etalase perajin Bali untuk bertarung meramaikan toko oleh-oleh khas Bali.

Wisatawan nusantara yang datang ke Bali kini bisa dimanjakan dengan berbagai hasil kerajinan yang bisa dibawa pulang dengan harga relatif murah.

(BACA: Blusukan ke Tabanan, Melihat Rumah Tradisional Khas Bali)

Ada ribuan jenis produk kerajinan khas Bali yang benar-benar produksinya diambil langsung dari perajin. Hal ini yang menjadikan Arjuna Gagapan Bali bisa menekan harga semurah mungkin.

Pemilik Arjuna Gagapan Bali, Pande Nyoman Yudi Sutrisna mengatakan Arjuna Gagapan Bali diharapkan bisa memberikan kepuasan terhadap wisatawan yang datang ke Bali.

Ia berharap wisatawan yang datang bisa berkunjung kembali bersama teman-temannya atau keluarganya karena sudah mendapatkan suvenir yang murah dan berkualitas.

(BACA: Pedas Krenyes Sambal Matah Khas Bali)

“Jargon kami adalah ‘Termuda, Super Murah, dan Etalase Perajin’. Meski baru buka, kami memberi garansi harga oleh-oleh yang dijual di sini paling murah di Bali. Silakan, bisa bandingkan dengan harga di tempat lain,” kata Pande Yudi, di Batubulan belum lama ini.

ARSIP BALITERKINI.COM Arjuna Gagapan Bali, toko oleh-oleh untuk wisatawan di Gianyar, Bali.

Lebih lanjut, Pande menjelaskan, di toko oleh-oleh super murah ini wisatawan bisa mendapatkan berbagai macam oleh-oleh khas Bali, mulai aneka baju kaus, baju barong, kain pantai, patung, lukisan, udeng khas Bali, dan berbagai jenis oleh-oleh khas Bali lainnya.

Pande mengatakan selain menyasar wisatawan yang berlibur di Bali juga menargetkan para pedagang yang ingin menjual kembali oleh- oleh yang dibeli di tempat ini sebagai re-seller.

Ia membuka kesempatan ini bagi para pedagang maupun wisatawan yang berkeinginan menjadi re-seller.

Pande berharap Arjuna Gagapan Bali bisa menjadi gudangnya re-seller bagi pebisnis junior dan bisnis online melalui website yang sudah mereka siapkan.

Kehadiran Arjuna Gagapan Bali yang resmi beroperasi 6 Desember 2016 turut andil melengkapi keberadaan tempat pementasan Tari Barong yang terletak berdampingan sebagai wahana mengunjungi kehidupan seni dan tradisi Bali di kawasan Batubulan, Gianyar.

Tanamkan Nilai Luhur Kasih Sayang

Arjuna Gagapan Bali selain mengambil nama dari tokoh kisah Mahabharata, pihaknya juga berkeinginan menanamkan nilai luhur kasih sayang.

Penyematan nama khas Bali bertujuan untuk menjaga spirit kemanusiaan dan melestarikan bahasa Bali.

ARSIP BALITERKINI.COM Arjuna Gagapan Bali, toko oleh-oleh untuk wisatawan di Gianyar, Bali.

Gagapan sendiri merupakan bahasa Bali yang memiliki arti oleh-oleh. Nama Gagapan ini tak lain diambil dari lirik lagu Bali “Putri Cening Ayu”.

Lagu “Putri Cening Ayu” adalah lagu kasih sayang untuk anak-anak putri Bali.

Lagu ini bercerita tentang dialog ibu dan putrinya, di mana sang ibu meminta putrinya untuk tinggal di rumah karena ia akan pergi ke pasar membeli makanan. Saat pulang ke rumah, sang ibu membelikan oleh-oleh untuk putrinya.

“Gagapan ini mengusung nilai kasih sayang. Selain itu Arjuna Gagapan Bali juga ingin melestarikan bahasa Bali,” ujar Kayun Semara, selaku pihak pengelola sekaligus tim kreatif dari Arjuna Gagapan Bali. (BTcom)
Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/12/091200727/sang.arjuna.manjakan.wisatawan.belanja.oleh-oleh.khas.bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *