Seperti Zaman Sekolah, Bersantap Pakai Kotak Makan Di Kafe Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Mungkin Anda rindu memakan bekal dari rumah, seperti waktu sekolah dulu. Nostalgia makan bekal saat sekolah saat ini dapat ditemui di salah satu kafe di Jakarta yakni di cafe TOT.AW. Kafe ini yang terletak di Jalan Hibrida Raya QJ 9 Nomor 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Konsep kami sebenarnya ingin mengembalikan memori waktu kita kecil. Seperti waktu kecil kita sering bawa makanan. Makanan di sini sebenarnya comfort food, makanan rumah yang simpel,” kata salah satu owner dari TOT.AW cafe, William Sudhana saat ditemui langsung di kafenya, Selasa (14/3/2017).

Sedangkan nama kafe TOT.AW menurut William lebih kepada simbol orang menangis. “Kami kebanyakan jualan sambal yang pedas, dan karena konsumennya anak muda, kami ambil nama yang nyeleneh. Sebenarnya TOT.AW kepanjangan dari Totally Awesome,” kata William.

BACA: Nongkrong ala Orang Timur Tengah di Kafe Ini

Pendiri cafe TOT.AW sendiri terdiri dari lima orang yakni William, Edi, Erwin, Joseph, dan Inez. Dua diantara mereka adalah cakery atau orang yang ahli dalam bidang roti dan kue. Sehingga hidangan yang banyak dikenal konsumen dari kafe ini sebenarnya adalah kue ulang tahun dari indomie goreng dan roti panggang dengan saus taro atau ubi ungu.

Selain itu, ada juga aneka nasi seperti nasi dengan lauk tongkol balado, cumi asin, telor kornet, dan ayam suir. Sedangkan indomie disajikan dengan tiga cara masak dinamai kering, basah, dan becek. Kering berarti indomie goreng, basah berarti indomie rebus, dan becek berarti indomie dengan kuah yang sedikit. Total ada 20 varian toping sambal di kafe TOT.AW.

Empat sambal yang menurut William menjadi favorit konsumen adalah sambal daun jeruk, sambal tahu, rica tuna, dan sambal itam.

Kompas.com/Silvita Agmasari Roti panggang dengan saus taro di TOT. AW cafe.

Menariknya ada pilihan All You Can Eat di menu cafe TOT.AW. Dengan Rp 30.000, konsumen dapat menikmati indomie, teh, dan topping sepuasnya.

KompasTravel saat berkunjung ke TOT. AW mencoba nasi pedas dengan topping ayam suir, cumi, dan petai. Tak lupa roti panggang dengan saus taro yang merupakan andalan kafe ini. Penyajian yang unik yakni dengan wadah kotak makan bergambar katak dan penguin bagai membuat ingatan kembali ke zaman SD.

BACA: Bersantai Sejenak di Kafe Bergaya Bar di Lhoksukon

Rasa masakannya sendiri seperti masakan rumahan, keunggulannya justru terletak pada rasanya yang sederhana. Untuk roti panggang saus taro, patut dicoba karena saus taronya memiliki manis yang pas, tak membuat enek, dan tekstur sausnya tak menempel di lidah.

Harga hidangan di kafe ini cukup terjangkau, yakni Rp 7.000 untuk hidangan indomie, Rp 5.000 untuk sambal, dan Rp 5.000 untuk satu pilihan topping. Hidangan nasi sendiri dihargai Rp 17.000 – Rp 20.000. Walau porsinya tentu menyesuaikan ukuran kotak makan, alias tak terlalu besar.

Untuk jam operasional, cafe TOT.AW buka dari pukul 16.00-23.00 WIB. Kapasitasnya sendiri tak begitu besar, hanya membuat sekitar 30 pengujung. Rencananya selain di Kelapa Gading, kafe yang baru diluncurkan bulan September 2016 ini juga akan dibuka di daerah Jakarta Barat dalam waktu dekat.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/15/120500927/seperti.zaman.sekolah.bersantap.pakai.kotak.makan.di.kafe.ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *