Silk Air Turut Promosikan Pariwisata Indonesia

SINGAPURA, KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Silk Air tetap fokus untuk memajukan pariwisata Indonesia, terutama mengejar target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2019.

Salah satu upaya yang dilakukan maskapai yang berada dalam grup Singapore Airlines itu adalah menerbangkan wisatawan asal Eropa atau China mengunjungi destinasi wisata eksotis di tanah air.

(BACA: Menpar Ingin Jadikan Maskapai Singapura sebagai Network Airlines)

“Kami turut mempromosikan pariwisata Indonesia dengan menerbangkan wisatawan Eropa setelah mereka transit di Singapura. Selanjutnya mereka melanjutkan penerbangan ke tempat-tempat wisata menarik di Indonesia,” kata Vice President Commercial Silk Air, Ryan Pua dalam jumpa pers di kantor Silk Air di Bandara Changi, Singapura, Senin (6/2/2017).

KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Pramugari Silk Air.

Saat ini Silk Air terbang ke 12 kota di Indonesia yakni Bali, Balikpapan, Bandung, Lombok, Makassar, Manado, Medan, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Menurut Ryan, selain menerbangkan wisman menuju 12 kota tersebut, Silk Air yang memiliki 3 Airbus tipe A319 dan 11 A320 serta 17 Boeing 737-800 itu juga menyasar wisatawan Indonesia untuk berlibur di Singapura.

(BACA: Turis Indonesia Menangi 1 Juta Dollar Singapura dari Bandara Changi)

Sampai saat ini Singapura merupakan destinasi liburan favorit wisatawan Indonesia.

Untuk lebih mendekatkan diri dengan wisatawan Indonesia, lanjut Ryan, Silk Air merekrut awak kabin asal Indonesia. “Silk Air merekrut pilot dan pramugari dari Indonesia,” kata Ryan.

KOMPAS.com/I MADE ASDHIANA Fast Check-in Silk Air di Bandara Changi, Singapura, Senin (6/2/2017).

Ryan mengakui ke-12 destinasi yang dilayani Silk Air merupakan kota-kota yang disukai turis dan pebisnis. “Saya sudah mengunjungi ke 12 kota itu dan alam Indonesia memang indah, apalagi pantai-pantainya,” kata Ryan.

Hal senada juga diakui Soraya Salim selaku Manager Branding & Communications Silk Air dalam acara yang sama.

“Dari ke-12 destinasi Silk Air hanya Palembang yang belum pernah saya datangi. Kalau ada waktu, pasti saya akan ke sana,” katanya.

(BACA: Kemenpar Inginkan Lombok Jadi Tujuan Utama Wisatawan Korea)

Menurut Soraya, Lombok diakuinya memiliki pantai yang eksotis. “Saya sudah datangi Gili Trawangan dan Gili Nanggu untuk snorkeling, sungguh indah pantai di Lombok,” sambungnya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisman di Gili Trawangan, Lombok, NTB, Jumat (25/8/2016).

Sementara untuk wisatawan Singapura dan Malaysia, lanjut Soraya, Bandung merupakan tujuan wisata populer.

“Mereka ke Bandung untuk belanja dan mencari makanan khas setempat bersama keluarga. Makanan di Bandung enak,” ujarnya.

Sementara Yogyakarta, tambah Ryan, memiliki daya tarik tersendiri dengan budayanya sehingga permintaan penumpang untuk terbang ke sana selalu meningkat. “Target kita lebih baik lagi untuk tahun ini,” kata Ryan sambil tersenyum.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/02/06/221500727/silk.air.turut.promosikan.pariwisata.indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *